Jumat, 04 Maret 2011

Crop Tools from toolbox

Crop Tools from toolbox

Crop Tools adalah Kelompok ketiga dari menu toolbox, Terdiri dari beberapa icon , seperti
  • Croping tool
  • Knife tool
  • Erase Tool
  • Virtual Segment Delet.
Perintah tersebut  berfungsi sebagai edit obyek  kurva maupun garis. Perhatikan icon dibawah ini :


Kalau anda sudah tahu icon dari masing – masing tools dalam kelompok Crop tools, selanjutnya akan saya uraikan satu persatu beserta aplikasinya.


Crop tool 
Fungsi dari crop adalah menghilangkan area diluar garis seleksi. Dan garis seleksi biasanya berbentuk bujur sangkar dan dapat digeser secara horizontal maupun vertical pada sisi-sisinya. Perhatikan gambar dibawah ini :
 
Knife Tool.
Fungsi utama dari knife tool adalah untuk memotong obyek baik secara bebas atau berdasarkan tegak lurus atau sejajar dengan sisi obyek Perhatikan gambar dibawah ini :


Eraser tool.
Fungsi utama dari erasr tool adalah untuk mengahapus obyek atau line, dan untuk menghapus dengan meggunakan Eraser tool terdapat 2 properti yaitu berbentuk lingkaran dan persegi empat dan bisa dirubah ukuran dengan cara merubah diproperti tool tersebut
Perhatikan gambar dibawah ini :


Virtual Segment Delete
Fungsi utama dari tool ini adalah untuk menghapus bagian tertentu dari beberapa obyek yang bersinggungan dengan cara klik atau drag window. Perhatikan gambar dibawah ini :


Oke ! penjelasan tentang Crop Tools dari pengenalan Corel Draw X4 usai sudah, tinggal rekan coba-coba dengan tools tersebut, saya yakin nanti anda lebih pintar daripada saya. Akhir ulasan jangan lupa coba dan mencoba biar terbisa, kata orang karena terbiasa kita akan menjadi mahir.

By @ didik 2011